SEGERA HADIR: Penerbitan Ulang Jurnal IBHAR KAMMI DIY

mukit h

“An idea is like a virus, resilient, highly contagious….” (Inception, 2010).

Sebagai sebuah gerakan yang telah men-tanfidz-kan dirinya sebagai “Gerakan Intelektual Profetik”, KAMMI mesti memiliki karya. Sederhana, namun mencerminkan “isi kepala” para penggiatnya. Karya dalam bentuk tulisan menjadi pilihan yang sangat strategis untuk diambil, karena membawakan ide, gagasan, serta pemikiran dan ‘menyimpannya’ secara lebih awet. Sejarah selalu mencatat apa yang tertulis. Maka, mendokumentasikan hasil-hasil tulisan atau diskusi menjadi sangat penting.

Beberapa gerakan mahasiswa terkenal dengan publikasi media pemikirannya. Kesatuan Aksi Mahasiswa Indonesia (KAMI) sempat terkenal dengan Majalah “Mahasiswa Indonesia”; PMII Sleman sampai sekarang dikenal sebagai produsen wacana kritis dengan penerbitan Jurnal “Tradem” (Transformasi Demokratik) yang diolah sejak tahun 2001. Muhammadiyah punya “Suara Muhammadiyah”, sementara PKI dulu dikenal dengan terbitan “Harian Rakjat”.

Bagaimana dengan KAMMI? Pada tahun 2004-2006, KAMMI DIY pernah menerbitkan seri Jurnal IBHAR yang memuat analisis dan refleksi pemikiran kader-kader KAMMI. Ibhar dalam Bahasa Arab berarti “Navigasi”. Sesuai harapan para pengelolanya, Jurnal ini bisa menjadi navigasi dialektika kader-kader KAMMI dan menuntun arah gerakan KAMMI dalam menyelami realitas sosial politik yang ada.

Jurnal ini sempat terbit sebanyak dua penerbitan (VOL.1 dan VOL. 2 Tahun 2006) dan satu penerbitan yang belum selesai. Atas seizin pengelola Jurnal tersebut, KAMMI Kultural berinisiatif menerbitkan kembali Jurnal IBHAR ini secara online, sebagai arsip dan pengingat kembali mengenai gagasan-gagasan yang pernah tumbuh dalam gerakan KAMMI.

Jurnal IBHAR diterbitkan di bawah naungan Departemen Kajian Strategis KAMMI Daerah Istimewa Yogyakarta. Adapun Susunan Redaksi JURNAL IBHAR adalam sebagai berikut: Pemimpin Redaksi: Amin Sudarsono. Dewan Redaksi: Yusuf Maulana, Rijalul Imam, S.Hum., Bowo Sugiarto, SIP, , Amin Sudarsono Staf Redaksi: Muthia Esfand, Rahayu Susanti,  Akhmad Adi Purawan, S.H., Suryanta Bakti Susila, S. Sos.I; Kontributor: Akbar Tri Kurniawan, Edo Segara Gustanto, Ardhi Rahman Y.A, Fatmah, MA Layout: Syarifudin. Alamat redaksi: Sekretariat KAMMI DIY, Komplek POLRI A-2/34 Gowok, Caturtunggal, Depok Sleman DIY 55281. telp.: 0274-7176665 atau HP. 081 328 193 554. Email: jurnal_ibhar@yahoo.com.

Bagi para pembaca, semoga bisa menikmati dan menyelami makna yang terkandung di dalam Jurnal ini. Besar harapan kami, jika ingin mengutip, dapat menyertakan sumber tulisannya.

Karena perbaikain adalah tradisi perjuangan KAMMI….

Ahmad Rizky M. Umar*

(Pengelola Laman KAMMI Kultural)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s