Undangan Seri Diskusi “Ideologi Gerakan KAMMI”

Bagi setiap organilogokammisasi pergerakan mahasiswa, ‘ideologi’ menjadi sesuatu yang sangat penting.  Ideologi gerakan akan menentukan bagaimana sebuah gerakan mahasiswa menata organisasinya dan menyikapi problem-problem kebangsaan real yang ada di masyarakat. Tanpa ideologi, gerakan mahasiswa akan kehilangan arah, terjerembab ke jurang pragmatisme yang hanya akan menghancurkan gerakan mahasiswa itu sendiri.

Begitu juga dengan KAMMI. Semangat independensi KAMMI dimulai dari pendalaman terhadap ideologi gerakan. ‘Ideologi’ KAMMI membedakan karakter gerakan KAMMI dengan organisasi-organisasi mahasiswa lain yang juga berhaluan pergerakan. Dengan adanya ideologi, KAMMI menjadi berbeda dengan BEM atau LDK, dalam menyikapi sebuah permasalahan kebangsaan. Ideologi akan memandu kader-kader KAMMI dalam merumuskan strategi dan taktik gerakan, mengkonseptualisasi ide-ide dan cara pandang terhadap realitas yang ada.

Pertanyaannya, bagaimana wujud ‘ideologi’ gerakan di dalam organisasi yang bernama KAMMI? KAMMI sudah memiliki beberapa filosofi gerakan yang termuat dalam AD/ART dan GBHO KAMMI. Dalam setiapdaurah marhalah pertama, kader-kader KAMMI juga sudah diperkenalkan dengan sejarah dan filosofi gerakan. Hanya saja, waktu yang singkat serta kapasitas instruktur yang tidak semuanya memadai untuk menjelaskan ideologi menyebabkan konten ideologi tidak sepenuhnya terbahas dalam forum Daurah Marhalah I KAMMI.

Apalagi, hasil sarasehan I KAMMI di Yogyakarta akhir tahun 2012 lalu secara implisit mengamanahkan kepada kader-kader KAMMI di segenap tingkatan yang ada untuk bisa menemukan kembali basis ideologi gerakannya, terutama dengan perkembangan zaman yang kian pesat. Oleh sebab itu, perlu kiranya menghidupkan kembali diskusi-diskusi yang membahas, menelaah, serta membongkar kembali ideologi gerakan KAMMI dari teks-teks yang sudah ditinggalkan oleh beberapa perumus filosofi gerakan KAMMI sejak 1998-sekarang.

Forum Diskusi KAMMI Kultural telah menggelar dua seri diskusi yang membahas ‘mengapa KAMMI harus dilahirkan’. Penjelasan sejarah tersebut perlu disambung dengan penjabaran mengenai ideologi gerakan. Maka, atas dasar kebutuhan tersebut, Forum Diskusi KAMMI Kultural mengundang rekan-rekan semua, Ikhwan dan Akhwat, untuk hadir dalam “SERI DISKUSI IDEOLOGI KAMMI”. Diskusi ini akan digelar secara berseri untuk membahas secara intensif beberapa teks filosofi gerakan KAMMI yang tersebar di GBHO, AD/ART, dan beberapa tulisan yang dibuat oleh pendahulu KAMMI.

Diskusi ini akan dimulai dari hari Sabtu, 16 Februari 2013 dengan tema:  “Muqaddimah Anggaran Dasar KAMMI” yang akan dipantik oleh Ahmad Rizky M. Umar (Kabid Kastrat KAMMI Komisariat UGM 2010-2011). Rencananya, secara rutin akan digelar tiap Sabtu Sore dengan tema-tema yang telah ditentukan. Diskusi akan dipantik oleh satu atau dua kader KAMMI selama 20 menit, dan sisanya adalah diskusi interaktif. Adapun tema-tema yang akan didiskusikan dalam seri diskusi ideologi ini antara lain:

1. Muqaddimah Anggaran Dasar KAMMI. Sumber: Teks Muqaddimah Anggaran Dasar KAMMI, Waktu: 16 Februari 2013. Tempat: Sekretariat KAMMI Komisariat UIN Sunan Kalijaga. Pemantik: Ahmad Rizky Mardhatillah Umar (KAMMI Komisariat UGM)

2. Visi, Misi & Prinsip Gerakan KAMMI. Sumber: Garis Besar Haluan Organisasi KAMMI. Waktu: 23 Februari 2013

3. Paradigma Gerakan KAMMI. Sumber: Garis Besar Haluan Organisasi KAMMI. Waktu: 2 Maret 2013

4. Kredo Gerakan KAMMI. Sumber: Garis Besar Haluan Organisasi KAMMI. Waktu: 9 Maret 2013

5. Konsep “Muslim Negarawan”. Sumber: Indeks Jati Diri Kader KAMMI. Waktu: 23 Maret 2013

6. Posisi Gerakan KAMMI. Sumber: Garis Besar Haluan Organisasi KAMMI. Waktu: 30 Maret 2013

7. Manhaj Kaderisasi KAMMI. Sumber: Manhaj Kaderisasi KAMMI. Waktu: 6 April 2013. Pemantik: Kaderisasi PW KAMMI DIY/KAMMI Daerah*to be confirmed

Diskusi TERBUKA bagi setiap kader KAMMI. Tempat diskusi setelah pertemuan pertama akan ditentukan segera. Bagi kader KAMMI yang secara sukarela ingin menjadi pemantik diskusi, bisa segera menghubungi Umar (08195485931). Pemantik diharapkan dapat membuat tulisan untuk memantik diskusi yang nantinya akan dipublikasikan melalui facebook dan blog KAMMI Kultural. Informasi selanjutnya akan disampaikan viafacebook ini.

Mari baca, diskusi, dan bergerak kawan… karena kemenangan Islam adalah Jiwa Perjuangan KAMMI!

Nuun wal Qalami wa Maa Yasthuruun…

Catatan Kaki

[1] Dikutip dari Amin Sudarsono. Ideologi KAMMI. Makalah pemantik diskusi dalam Daurah Marhalah UlaKAMMI Komisariat Universitas Islam Negeri [UIN] Sunan Kalijaga Yogyakarta, pada hari Sabtu, 16 April 2005. Lihat pula Ijtihad Membangun Basis Gerakan.

kultural

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s